Simulasi Trading Saham Online

Simulasi Trading Saham Online
Sebelum kita terjun langsung memasuki perdagangan saham sebenarnya, ada baiknya kita belajar terlebih dahulu bagaimana bertransaksi saham dan tahu lebih banyak tentang seluk-beluk transaksi saham. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan/skill trading kita adalah dengan mengikuti simulasi trading saham secara online. Kita bisa belajar mengamati pergerakan harga secara live (real time), menganalisis saham baik secara teknikal maupun fundamental, sampai belajar menerapkan strategi trading layaknya seorang trader saham beneran.

Banyak penyedia fasilitas trading saham online yang menyediakan layanan simulasi secara geratis. Diantaranya adalah aplikasi simulasi trading yang disediakan oleh Kontan. Aplikasi tranding ini merupakan web based application, artinya kita bisa latihan trading secara langsung melalui website Kontan.co.id tanpa harus mendownload dan menginstal software di PC atau laptop kita. Tinggal melakukan registrasi online secara geratis, kemudian kita bisa langsung belajar trading saham secara real time tanpa harus melakukan deposit. Dan menariknya, simulasi saham di Kontan.co.id menghadirkan atmosfer trading layaknya kita sedang trading di pasar saham sesungguhnya. Karena ada kompetisi/lomba trading saham yang sering diadakan dengan hadiah berupa Android IMO tab dan voucher langganan kontan online yang bernilai ratusan ribu rupiah untuk para member yang berhasil menempati posisi 1,2,3 terbaik pada akhir periode lomba. Dengan adanya lomba trading ini, kita bisa belajar untuk menentukan target, mengatur portofolio dan money management layaknya seorang trader sungguhan.

Nah, selain aplikasi simulasi trading yang disediakan oleh Kontan, kita juga bisa mendapatkan aplikasi/software tersebut dari perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas terbaik yang memang sangat memperhatikan nasabah dan calon nasabahnya, akan menawarkan fasilitas ini agar investornya bisa latihan dulu sebelum masuk ke real trading. Jadi kalau berminat untuk melakukan latihan trading, bisa kontak dengan sekuritas tersebut, kemudian tanyakan ke mereka mengenai software simulasi saham yang mereka sediakan. Jangan khawatir, karena untuk mendapatkannya geratis kok. Kita cukup melakukan registrasi dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Lalu, berapa lama kita harus trading menggunakan simulator trading sebelum akhirnya siap untuk trading di bursa saham secara langsung? Berlatih trading online dengan menggunakan simulator trading, kita memerlukan waktu setidaknya minimal selama 3 bulan untuk bisa memahami seluk-beluk trading secara menyeluruh. Dan untuk bisa menemukan gaya trading yang sesuai dengan karakter kita, minimal kita butuh waktu selama 6 bulan berlatih trading menggunakan simulator. Hingga pada akhirnya kita siap untuk melakukan trading secara langsung.

Namun yang perlu di ingat, dalam melakukan trading menggunakan simulator, hasil yang kita dapatkan bukan patokan mutlak yang bisa kita jadikan acuan bahwa jika kita bisa meraih profit melalui simulasi trading saham, kita sudah siap untuk trading menggunakan uang sungguhan. Karena, dalam trading saham banyak faktor yang harus kita persiapkan. Tidak hanya sebatas mengetahui bagaimana cara menganalisa saham, mengatur portofolio dan bisa melakukan money management dengan baik atau menerapkan strategi dan teknik trading, kita juga harus bisa mengatur psikologi tranding kita. Trading saham di bursa saham dengan menggunakan uang sungguhan tentu akan sangat berbeda apabila kita trading menggunakan simulator. Untuk itu, salah satu langkah penting untuk menjadi seorang trader saham sukses adalah dengan belajar psikologi trading. Selamat Mencoba....
Referral Banners
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 15.48
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas