Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik

manajer investasi terbaik
Manajer Investasi adalah pihak profesional yang bekerja dan bertugas mengelola bermacam sekuritas ataupun surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya seperti properti yang bertujuan untuk mencapai sebuah target investasi yang menguntungkan bagi nasabah/investor. Nasabah/investor tersebut bisa berupa institusi ( perusahaan asuransi, dana pensiun, perusahaan dan lain sebagainya) termasuk di dalamnya adalah merupakan investor perorangan, dimana sarana yang digunakan biasanya berupa kontrak investasi atau yang umumnya digunakan adalah berupa kontrak investasi kolektif (KIK) seperti reksadana. Adapun lingkup jasa pelayanan yang dilakukan oleh manajer investasi (pengelola investasi) antara lain : melakukan analisis keuangan, membantu dalam pemilihan aset, memilih saham, implementasi perencanaan serta melakukan pemantauan terhadap investasi (id.wikipedia.org). Sesuai dengan penjabaran tersebut, seorang manajer investasi atau perusahaan manajer investasi akan sangat membantu kita dalam mengembangkan modal kita dalam sebuah investasi, tanpa kita harus repot-repot dan pusing-pusing memilih jenis investasi yang cocok untuk kita dan bagaimana cara memanagenya, karena manajer investasi akan melakukan semuanya demi keuntungan kita.

Nah, bagi kita yang masih pemula dan ingin berinvestasi, sangat disarankan untuk memakai jasa manajer investasi untuk mengelola dan mengembangkan portofolio dana kita. Karena, kita semua tentunya sudah tahu benar bagaimana kejamnya dunia investasi terutama saham yang memiliki tingkat resiko yang tinggi apabila kita tidak mampu bermain saham dengan benar. Dengan memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh manajer investasi, kita tentunya bisa berinvestasi dengan aman dan jauh lebih tenang dibandingkan apabila kita melakukannya sendiri. Lalu, apakah kinerja semua manajer investasi itu sama? Tentunya tidak semua manajer investasi mempunyai kinerja bagus. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, yang akan berpengaruh pada puas atau tidaknya nasabah akan layanan yang mereka berikan. Untuk itu, sebelum kita memutuskan untuk memilih manajer investasi yang kita percaya untuk mengembangkan dana investasi kita, alangkah baiknya kita membandingkan kinerja beberapa pengelola investasi, sehingga nantinya kita akan dapat menemukan manajer investasi terbaik yang menurut kita memiliki kinerja bagus dan dapat dipercaya.  

Berikut ini tips dan cara memilih manajer investasi terbaik yang dilakukan dengan cara membandingkan beberapa aspek/faktor  :
1. Apakah manajer investasi tersebut terdaftar secara resmi di Bapepam-LK dan mendapat lisensi untuk mengelola dana masyarakat?
2. Adakah kepemilikan dan kualitas manajemen perusahaan?
3. Sudah berapa lamakah perusahaan pengelola investasi tersebut berdiri?
4. Apa saja aset yang dapat dikelola oleh manajer investasi tersebut?
5. Siapa saja pihak ketiga (bank kustodian, agen penjual, broker) yang bekerja sama dengan pengelola investasi tersebut?
6. Bagaimana dengan kemudahan akses komunikasi dan informasi antara investor dan pengelola investasi?

Dengan cara melakukan pembandingan pada beberapa pengelola investasi, kita bisa menyaring 5-10 manajer investasi terbaik. Nah, jika kita sendiri ternyata sudah tahu dan sudah memutuskan jenis investasi yang menurut kita cocok dengan profil resiko kita, dari 5-10 manajer investasi tadi kita bisa saring lagi dengan cara membandingkan kinerja mereka dalam mengelola jenis investasi yang telah kita pilih. Adapun beberapa faktor yang dapat kita gunakan sebagai pembanding, antara lain :
1. Kinerja produk: apakah baik apabila dibandingkan tolok ukurnya dan tingkat konsistensi dari kinerjanya
2. Sejak kapan mereka mulai mengenalkan/produt produk investasi tersebut
3. Jumlah aset yang telah terkumpul
4. Bagaimana dengan jenis pelaporan produk itu ke investor.

Dari cara diatas, nantinya kita akan dapat menemukan manajer investasi terbaik. Setelah itu, barulah kita putuskan untuk menggunakan jasa mereka untuk mengelola aset kita. Namun, penting juga untuk mendengarkan testimoni dari orang-orang terdekat/relaki kita yang sebelumnya sudah pernah/masih menggunakan jasa mereka. Yang terpenting adalah, sebelum kita memutuskan sesuatu, alangkah baiknya jika kita mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Sumber : (Femina)
Referral Banners
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 14.50
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas