Strategi Membeli Saham Terdiskon Besar-Besaran (Bottom Fishing)

bottom fishing
Bottom fishing adalah sebuah strategi membeli saham yang terdiskon besar-besaran. Strategi bottom fishing dilakukan pada saham yang jatuh tiba-tiba secara drastis. Saham-saham yang terdiskon besar-besaran secara tiba-tiba berpotensi untuk mengalami technical rebound. Technical rebound adalah kenaikan harga saham yang menyerupai efek pantulan bola yang jatuh. Technical rebound bersifat sangat cepat dan sifatnya sementara, oleh karena itu harus hati-hati dalam memanfaatkannya. Technical rebound pada saham-saham yang turun mendadak dan tajam juga seringkali disebut dengan Dead Cat Bounce. Istilah Dead Cat Bounce ini diperkenalkan oleh seorang jurnalis dari Singapore dalam sebuah tulisannya. 

Memanfaatkan technical rebound pada saham-saham yang turun drastis harus cepat dan hati-hati. Salah satu tips dalam memanfaatkan technical rebound atau Dead Cat Bounce adalah menunggu di suport-suport terkuat. Sebagai contoh, pada tgl 12 Desember saham UNVR turun tajam dengan volume besar, dilanjutkan keesokan harinya. Penurunan harga saham Unilever dalam 2 hari dengan volume besar, menyentuh area suport kuat pada hari ke 2. Suport kuat yang dimaksud adalah area MA 20 monthly, yang seringkali disentuh namun tidak ditembus turun oleh harga. Hal itu berarti, area line MA 20 monthly merupakan area yang bagus untuk dilakukan buy on weakness. Belajar dari kejadian ini, kita bisa menerapkannya pada saham lain yang terkoreksi tajam seperti SMCB. Karena penyebab yang hampir serupa dengan UNVR / Unilever yaitu tentang naiknya royalti, SMCB / Holcim Indonesia tertekan pada 28 Desember 2012.

Investor merespon negatif akan naiknya royalti yang harus dibayarkan SMCB kepada Holcim Intl.  Seperti diketahui, SMCB / Holcim Indonesia harus membayar royalti 4% pada tahun 2013 dan 5% pada tahun 2013. Hal ini dinilai investor dapat memangkas laba Holcim. Bagaimana teknikalnya? Apakah kita bisa memanfaatkan penurunan ini? Tidak tanggung-tanggung, SMCB turun 16% dari harga pembukaan 3500, ditutup di harga 2900 per lembar sahamnya. Berapa area suport-suport kuat pada saham SMCB untuk dilakukan buy on weakness atau bottom fishing? Area 2800 adalah level suport pertama yang menjadi suport kuat, dan level suport kuat berikutnya ada di angka 2200. Area 3300 adalah area resisten / atap yang harus diwaspadai untuk terjadinya profit taking pada SMCB. 

Melakukan bottom fishing pada saham-saham yang turun tajam dan mengharap teknikal rebound harus sangat hati-hati. Selain mengaktifkan trailing stop secara manual, kita juga harus disiplin melakukan stop loss. Level pembatasan resiko / stop loss sebaiknya tidak lebih dari 5% kerugian sejak level beli.

Disadur dari Kultwit tentang Strategi Membeli Saham Terdiskon Besar-Besaran (Bottom Fishing) oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/43305
Cara Menghasilkan uang dengan HP
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 00.11
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas