Trading Rules Saham

trading rules saham
Dalam segala aspek kehidupan terdapat berbagai macam peraturan. Bila tidak ada peraturan, betapa kacaunya dunia ini. Ada peraturan lalu lintas, peraturan sekolah, dan undang-undang dalam sebuah negara. Bagaimana dengan trading? Ya, ada undang-undang yang mengatur pasar saham sebuah negara. Namun bukan itu yang dimaksud dengan peraturan atau trading rules ini. Apakah ada peraturan yang mengatur seorang trader untuk melakukan transaksi ini dan itu / trading rules saham ? Hampir tidak ada aturan apa pun dalam dunia trading! Ya, trading memberi kebebasan luar biasa! Kita bisa bertransaksi kapan saja dan sesuka kita kecuali jika uang kita habis. Satu-satunya hal yang dapat menghalangi kita trading saham adalah jika kita tidak punya uang untuk ditradingkan. 

Karena tidak ada yang memerintah / melarang kita melakukan sesuatu, kita sebagai seorang trader cenderung tidak disiplin. Sekalipun kita sudah membuat perencanaan trading, kita seringkali mengabaikan sistem yang kita buat sendiri karena faktor emosi. Karena tidak disiplin, banyak para trader yang gagal dan tidak heran jika banyak orang yang menganggap trading sebagai judi! Kebebasan yang sangat besar tersebut membuat para trader sulit melihat trading sebagai bisnis. Oleh karena itu, kita perlu membuat sekumpulan peraturan untuk diri kita sendiri saat trading saham

Peraturan trading sangat penting agar trader dapat bertindak dengan objektif, bijak, dan tidak emosional. Trader “dipaksa” untuk bertindak berdasarkan peraturan yang dibuat oleh trader itu sendiri. Setiap trader profesional sadar betul dan mereka membuat sekumpulan peraturan bagi diri mereka. Peraturan trading / trading rules bersifat unik, sebagaimana karakter dan gaya trading masing-masing individu yang bersifat unik. Kita dapat meniru tading rules para pakar, namun kita harus tetap memodifikasi sesuai keperluan trading kita sendiri. Trading rules dibuat berdasar pengalaman dan pembelajaran dari aktivitas trading sehari-hari, melalui proses yang panjang.  Walaupun tidak saling kenal ataupun berhubungan, trading rules yang mereka buat memiliki banyak persamaan. Hal ini dikarenakan mereka semua mengikuti proses trading dengan tekun berlatih dan disiplin yang tinggi.

Kita dapat melakukan “ATM”, yaitu amati, tiru, dan modifikasi sesuai dengan pribadi kita, dan jalankan dengan disiplin. Sekalipun kita mempunyai trading rules yang bagus, tidak ada gunanya sama sekali jika kita tidak melakukannya. "If you don't know who you are, the stock market is an expensive place to find out", George Goodman. Untuk belajar dan menerapkan trading rules para trader saham sukses, bisa dibaca di buku Ellen May "Smart Traders Not Gamblers"

Disadur dari Kultwit tentang Trading Rules Saham oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/35689
Referral Banners
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 23.11
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas