Strategi Manajemen Keuangan

manajemen uang
Strategi manajemen keuangan sangat penting untuk kita terapkan. Mengingat terkadang uang yang kita miliki hanya seperti angin lalu saja. Hari ini kita punya uang, besoknya ternyata sudah hilang tanpa bekas. Uang bisa kita ibaratkan juga seperti keran yang bocor, jadi jika kita tidak bisa mengelolanya dengan baik, uang yang kita miliki hanya mampir sebentar ntah itu di dompet atau tabungan lalu hilang begitu saja tanpa bekas. Bagaimana strategi keuangan yang tepat untuk manajemen keuangan kita? Berikut ini ada 5 strategi manajemen keungan dari Bryan, dia adalah Head of Business Development Kresn Securities :
1. Kit harus membuat daftar "value".
Value atau nilai yang dimiliki oleh setiap orang masing-masing berbeda. Misal, ada yang berkeinginan untuk mempunyai mobil atau membeli rumah, nah dari sini kita harus tahu apa sebenarnya yang kita inginkan dari uang yang kita miliki.

2. Menetapkan tujuan kita (mengacu pada poin 1 tadi, tentang value/nilai).
Ketika kita sudah menetapkan dan mengetahui nilai apa yang akan kita capai, selanjutnya adalah kita harus melakukan apa untuk mencapai nilai tersebut.

3. Kita tentukan pendapatan dan pengeluaran kita
Kita buat catatan pada pendapatan kita. Kita tinjau di mana uang atau pendapatan kita akan dikeluarkan. Jadi kita harus tahu pengeluaran kita untuk apa saja.

4. Rencanakan anggaran
Kita rencanakan anggaran keuangan kita. Kita buat anggaran yang mencakup keperluan terlebih dahulu, dan bukan sekedar anggaran untuk sebuah keinginan. Yang perlu diingat adalah, pengeluaran kita harus kurang atau sama besarnya dengan total pendapatan yang kita peroleh.

5. Kita kembangkan uang yang kita miliki
Sebelum kita melakukan pengembangan uang yang kita miliki, yang pertama adalah kita persiapkan dulu untuk dana darurat. Untuk dana darudat harus likuid, jadi jika kita sewaktu-waktu kita membutuhkannya, bisa cepat dicairkan. Nah kemudian kita bisa mengembangkan uang kita dengan cara melakukan investasi. Kita pilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuan kita.

Sumber : personalfinance.kontan.co.id
Cara Menghasilkan uang dengan HP
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 22.11
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas