Membeli Rumah Tanpa DP (Down Payment)

membeli rumah tanpa DP
DP adalah Down Payment atau uang muka yang dibayarkan kepada penjual. Standar DP sendiri adalah sebesar 20% untuk harga rumah di bawah 400 juta, DP 20% juga berlaku untuk cicilan rumah dengan tipe di bawah 70 meter persegi. Selain itu, DP 20% apabila penghasilan kita di bawah 10 juta rupiah per bulan. Selain beberapa kriteria untuk DP rumah sebesar 20% yang disebutkan, besaran DP rumahnya adalah 30%, kecuali untuk DP rumah bersubsidi. DP untuk rumah bersubsidi dari pemerintah, hanya 10%. Lalu, bagaimana cara menghitung untuk membeli rumah tanpa DP? Ada cara perhitungannya, namun yang perlu menjadi catatan adalah bahwa perhingan membeli rumah tanpa DP sebenarnya di luar peraturan perbankan.Ada dua cara untuk membeli rumah tanpa DP. Pertama harganya dinaikkan dari yang seharusnya. Dan yang kedua adalah jika memang pas ada program diskon dari penjualnya. 

Membeli rumah tanpa DP (Down Payment) berarti harganya adalah harga riil atau sama dengan harga KPR. Betul? Nah harga riil dikalikan saja dengan 1,25. Sebagai contoh, harga properti 100 juta. Dikalikan 1,25 maka harganya menjadi 125 juta. Harga 125 juta ini kita sebut saja harga upping rumah. Bila dihitung terbalik, maka harga upping 125 juta. Dikurangi DP 20% atau 25 juta. Maka harga KPR ketemunya = 100 juta. KPR 100 juta, ini artinya sama seperti yang kita bahas sebelumnya maka ini sama dengan harga riil bukan? Yang perlu kita ingat, kita harus menyiapkan biaya KPR yang berkisar 7% dari nilai KPR. Kita juga harus siapkan biaya pajak. BPHTB 5% dan PPN 10%. Kecuali jika semua pajak ditanggung penjual. 

Jadi perhitungan membeli rumah tanpa DP semudah itu ya? Belum tentu, membeli rumah tanpa down payment bisa sukses jika ada beberapa hal berikut : (1.) Tergantung dengan kemampuan kita menganggsur. (2.) Tergantung dengan harga taksiran Bank yang minimal sama dengan harga setelah upping. (3.) Tergantung ketahuan apa enggak sama pihak Bank nya. Jadi sebenarnya, cara perhitungan membeli rumah tanpa DP ini tidak 100% bisa dipraktekkan. Karena pada umumnya para pedagang properti biasanya tetap meminta tanda jadi. Tapi setidaknya perhitungan membeli rumah tanpa down payment ini bisa dicoba untuk dipraktekkan dan tentunya bisa meringankan kita untuk segera memiliki rumah.

Disadur dari Kultwit tentang Membeli Rumah Tanpa DP (Down Payment) oleh Aryo Diponegoro
Twitter account: @AryoDiponegoro
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/20215
Referral Banners
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 21.29
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas