Antara Menabung Dan Investasi

menabung dan investasi
Masih banyak orang yang bingung tentang investasi dan akhirnya malah tercampur dengan konsep menabung. Padahal pada dasarnya antara menabung dan investasi itu berbeda alias tidak sama. Jadi sebenernya apa sih perbedaan menabung dan investasi? Trus, lebih baik menabung atau investasi? Atau dua-duanya perlu dilakukan? Selama ini menabung didefinisikan sebagai kegiatan menyisihkan dan menyimpan sejumlah uang yang bisa digunakan di kemudian hari. Menabung bisa dilakuin dimana saja, waktu kecil orang tua kita sudah mulai mengajarkan kita untuk menyimpan uang jajan di celengan. Seiring berjalannya waktu, kita mulai mengenal produk simpanan di Bank, seperti tabungan dan deposito. Dengan menabung di Bank, setidaknya kita tahu bahwa uang akan lebih aman dibanding kalau kita menyimpan di rumah kita seperti di bawah bantal/kasur ya.

Terus apa sih yang dimaksud dengan investasi? Kita sudah seringkali dengar kata investasi, tapi terkadang masih ada diantara kita mengenai apa sih sebenarnya investasi itu. Ada yang bilang jika investasi itu menunda kesenangan saat ini untuk mendapatkan kesenangan yang lebih besar di masa depan. Tapi lebih tepatnya, investasi itu adalah supaya kita bisa hidup senang hari ini, besok, dan nanti. Jadi dalam investasi tidak hanya kesenangan/kemakmuran untuk masa depan saja, tapi efeknya bisa kita rasakan saat kita memulai investasi. Investasi bisa di produk-produk keuangan dan non-keuangan. Contohnya : saham, obligasi, reksadana, properti, logam mulia, bisnis, dan lain sebagainya. 

Menabung biasanya untuk tujuan keuangan jangka pendek, sedangkan investasi adalah untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang. Dari segi resiko, menabung relatif lebih aman dibanding investasi tapi return yang didapat tidak sebesar investasi. Trus boleh tidak kalau kita hanya berinvestasi saja? Sebaiknya jangan karena tabungan tetap diperlukan untuk menjaga likuditas. Menabung juga diperluin untuk dana darurat, kalau terjadi sesuatu hal darurat yang membutuhkan dana segera. Jadi, sebelum kita memulai investasi, pastikan kita punya dana darurat untuk kebutuhan mendadak, jadi tidak mengganggu investasi kita. Menabung dan investasi tetap diperlukan, tapi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita.

Disadur dari Kultwit tentang Antara Menabung Dan Investasi oleh Financial Insight
Twitter account: @FinInsightID
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/27556
Cara Menghasilkan uang dengan HP
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 11.21
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas