4 Alasan Lo Kheng Hong Berinvestasi Saham

lo kheng hong
Lo Kheng Hong, adalah salah satu investor saham tersukses di Indonesia. Lo Kheng Hong merupakan investor saham yang selalu menerapkan metode analisis fundamental dalam setiap investasi yang dia lakukan.  Dan diapun tak pernah bergeming untuk merubah strategi investasi saham yang dia lakukan dan tak pernah menggunakan strategi lainnya selain metode analisis fundamental tersebut.

Lo Kheng Hong memulai investasi saham sejak tahun 1989, saham pertama yang dia beli adalah Saham IPO (Initial Public Offering) dari PT Gajah Surya Multifinance. Apakah Lo Kheng Hong langsung mendapatkan keuntungan dari invetasi saham tersebut? Ternyata saham IPO yang dia beli harganya langsung jeblok ketika pertama terdaftar di bursa saham. Namun, hal itu tidak pernah menyurutkan semangat beliau untuk terus belajar dalam berinvestasi saham. Hingga pada akhirnya dia memutuskan untuk melepas jabatan yang saat itu dia emban, yaitu sebagai kepada cabang Bank Ekonomi, dan memilih untuk 100% terjun di investasi saham. Nah, sebenarnya apa alasan Lo Kheng Hong berinvestasi saham, dan rela keluar dari pekerjaannya saat itu? Berikut ini 4 alasan kenapa Lo Kheng Hong berinvestasi saham :

1. Menurut Lo Kheng Hong, investor saham bisa menjadi orang terkaya di dunia. Contohnya? Ya, Warren Buffett. Lo Keng Hong mengakui bahwa dia sepenuhnya belajar untuk sukses berinvestasi saham dari Warren Buffet. Selama 10 tahun terakhir ini, beliau sudah baca 40-an buku tentang Warren Buffet. Buku itu tak hanya beliau baca sekali, tapi berulang kali hingga dua sampai tiga kali, dan isinyapun benar-benar beliau pahami dengan baik.

2. Keuntungan perusahaan itu hak si pemegang saham. Bayangkan, yang bekerja direksi dan karyawan, tapi begitu untung yang menerima pemegang saham. Enak kan? Membeli perusahaan yang untung besar itu seperti membeli mesin pencetak uang.

3. Dalam jangka panjang imbal hasil saham lebih tinggi dari instrumen investasi lainnya, seperti obligasi, emas, dan properti.

4. Menjadi investor itu waktu luangnya banyak. Kita tahu, di dunia ini ada empat macam manusia. Tipe pertama,  orang yang punya banyak waktu tapi tidak punya uang. Contohnya, orang pengangguran. Tipe kedua,  yang punya banyak uang tapi tidak punya waktu. Yang ini biasanya para pengusaha. Lalu tiga, orang yang tidak punya waktu dan tidak punya banyak uang juga. Ini kebanyakan para pegawai yang bergaji kecil. Tipe terakhir, orang yang punya waktu dan punya uang. Tipe terakhir inilah yang Lo Kheng Hong inginkan sebagai investor saham. 

Bagi Lo Kheng Hong, waktu lebih berarti dari uang. Uang bisa dicari, tapi uang tidak bisa mengembalikan waktu. Karena itu, meskipun telah meraih kesuksesan dalam investasi saham, Lo Kheng Hong selalu menyempatkan diri untuk terus membaca dan belajar. Nah, apakah ada yang tahu? Ternyata Lo Keng Hong mengakui bahwa beliau tidak memiliki laptop dan sama sekali tidak mengerti soal email atau internet atau bahkan tentang online trading lo. Selama ini Lo Kheng Hong selalu menggunakan telpon untuk membeli saham dari beberapa sekuritas. Dan beliau tidak pernah merasa takut kehilangan momentum, karena beliau berinvestasi saham jangka panjang.

Disadur dari Liputan Khusus Majalah Kontan tentang Lo Kheng Hong.
Referral Banners
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 14.15
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas