Apa Itu ORI (Obligasi Ritel Indonesia) ?

ori (obligasi ritel indonesia)
Obligasi adalah surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan, imbal hasilnya berupa kupon (seperti bunga dalam deposito). Ada banyak sekali  obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan dengan tujuan memperoleh dana untuk pengembangan usaha. Pemerintah juga menerbitkan  obligasi. Obligasi yang diterbitkan pemerintah disebut ORI. ORI adalah kependekan dari obligasi Ritel Indonesia, yaitu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Disebut ritel karena  ORI bisa dibeli oleh perorangan mulai Rp.5.000.000,- saja, tidak seperti SUN yang minimal pembeliannya besar.  ORI dijamin oleh pemerintah dan biasanya ada aset yang dijaminkan. Obligasi / ORI biasanya memiliki waktu jatuh tempo / tenor selama 3 tahun. Yang membedakan  ORI dari deposito adalah pajaknya. Jika deposito pajak 20% dari bunga, ORI pajaknya hanya 15% dari kupon. Di deposito yang dijamin hanya sampai Rp.2 milyar dengan bunga yang lebih rendah dari  ORI. Selain kupon, investor bisa mendapat capital gain jika harga  ORI meningkat. 

Berikut merupakan histori kupon  ORI dari tahun ke tahun : 
- Ori 1 : 12.05% per tahun (sudah jatuh tempo)
- Ori 2 kuponnya 9.28% per tahun (sudah jatuh tempo)
- Ori 3 kuponnya 9.40% per tahun (sudah jatuh tempo)
- Ori 4 kupon 9.50% per tahun ( jatuh tempo 12 Maret 2012)
- Ori 5 kuponnya 11.45% per tahun (jatuh tempo 15 Sept 2013 – tenor 5 tahun)
- Ori 6 kuponnya 9.35% per tahun (jatuh tempo 15 Agustus 2012) 
- Ori 7 : 7.95% per tahun (jatuh tempo 15 Agustus 2013)
- Ori 8 kupon 7.3% per tahun (jatuh tempo 15 Oktober 2014) 

Return ORI setahap di atas deposito, namun masih lebih rendah bila dibandingkan dengan tingkat inflasi di Indonesia.  Untuk ORI 8, kupon setelah tax hanya 6.21% rasanya kurang menggiurkan buat investor. ORI adalah “upgrade” dari deposito. Bagi investor pemula yang ingin lulus dari ‘kelas’ deposito, jenjang selanjutnya adalah obligasi. Walaupun mungkin, dari kacamata investor agresif,  ORI terkesan tidak atraktif, namun bisa dicoba untuk investor moderat.

Disadur dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/14002
Referral Banners
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 22.14
Comments
0 Comments

 
PERHATIAN : Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Ilmu Investasi, silahkan bergabung melalui Facebook Fans Page - Twitter - Via Feeds - dan Google+ Kami
Kembali ke atas